MATHOYAH, SITI (2015) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

| Preview Download (313kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1COVER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

| Preview Download (65kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (104kB)

Abstract

Siti, Mathoyah. 2015. Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru
Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 1 Sayung Demak Tahun Pelajaran
2014/2015. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing : Bapak Drs. Ahmad Rohani
HM, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana persepsi siswa
terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk
mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”.
Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah persepsi siswa, sedangkan variabel
terikat (Y) adalah kompetensi profesional guru.Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan (field research) dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sayung Demak
berjumlah 977 siswa dan sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan skala bertingkat (rating), observasi dan dokumentasi. Kemudian
data dianalisis dengan menggunakan rumus Kai Kuadrat. Dalam hal ini
menempuh beberapa tahapan yaitu analisis pendahuluan meliputi analisis uji data
dan uji hipotesis kemudian analisis lanjut.
Persepsi sebagai proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi
ke dalam otak manusia. Faktor yang berperan dalam persepsi, yaitu (1) Objek atau
stimulus yang dipersepsi (2) Alat indera, syaraf, dan pusat susunan syaraf dan (3)
Perhatian.Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) satu dan yang lainnya berbeda
dalam cara menyampaikan materi dan tingkat penguasaan materinya. Oleh karena
itu menimbulkan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI juga
berbeda-beda. Ada yang mempunyai persepsi positif ada juga yang negatif.
Penulis mengambil hipotesis yaitu “Ada perbedaan yang signifikan persepsi
siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa “ada perbedaan yang signifikan
persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”.Hal ini dapat dilihat
berdasarkan analisis Kai Kuadrat pada taraf signifikansi 5% Kai Kuadrat
observasi atau

>

= 22,47 sedangkan Kai Kuadrat tabel
atau 22,47>9,488 maka hipotesis nihil (

= 9,488. Karena
) ditolak danhipotesis alternatif
(
) diterima. berarti ada perbedaan yang signifikan antara frekuensi yang
diobservasi dan frekuensi yang diharapkan.Saran dalam penelitian ini adalah guru
hendaknya mengembangkan dan memperkaya bahan pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas dan kompetensi profesionalnya.

Kata Kunci : Persepsi Siswa dan Kompetensi Profesional Guru.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item