IVANA, NURUL (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA TAJUL ULUM BRABO TANGGUNG HARJO GROBOGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf |
Preview |
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Ivana, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap
Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X
Di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Sultan Agung
Semarang (UNISSULA), 2015.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Penggunaan Media Audio
Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Selain melalui diri sendiri,
motivasi belajar siswa juga bisa melalui media pembelajaran seperti halnya
dengan menggunakanan media audio visual, penggunaan media audio visual yang
diguinakan oleh guru dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dalam mata
pelajaran sejarah kebudayaan islam.. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian
tentang penggunaan media audio visual (MAV) terhadap motivasi belajar siswa
dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Tajul Ulum Brabo
Tanggung Harjo Grobogan. Yang menjadi titik masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi
Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan
Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam mata
pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung
Harjo Grobogan.
Populsi penelitian ini adalah semua siswa MA Tajul Ulum Brabo
Tanggung Harjo Grobogan yaitu sebanyak 412 siswa. Pengambilan sampel ini
dilakukan dengan cara teknik simple random sampling atau teknik pengambilan
sampel karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak
tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Pengambilan sampel ini
mengacu pada pendapat sugiyono yaitu mengambil peserta didik kelas X
(keagamaan) yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengunakan metode skala, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis
data mengunakan dua variabel melalui analisis statistik dengan menggunakan
rumus uji-t Bedasarkan analisis tersebut diketahui 3,33 Analisis data meliputi
analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan: pengaruh penggunaan media audio visual
terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam
kategori sangat baik. Berdasarkan alanilis dengan mengunakan perhitungan uji-t
menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media
audio visual dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan
islam di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:32 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |