Muakhiroh, Fitrotul (2015) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SAYUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
Skripsi__1ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
Skripsi__1COVER.pdf |
Preview |
Text
Skripsi__1DAFTAR ISI.pdf |
Abstract
Fitrotul, Muakhiroh. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengajar terhadap
Kreativitas Siswa dalam Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 1 Sayung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan
Tarbiyah, Universitas Sulatan Agung.
Pembimbing Drs. M. Muhtar Arifin Sholeh, M. Lib.
Kata kunci :Kreativitas Guru, Mengajar, Kreativitas Siswa, Belajar
Kreativitas guru dalam mengajar merupakan salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar. Rumusan masalah yang diambil
dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana kreativitas Guru dalam Mengajar, 2)
Bagaimana kreativitas Siswa dalam Belajar, 3) adakah pengaruh kreativitas guru
dalam mengajar terhadap kreativitas siswa dalam belajar Pendidikan agama Islam
di SMP Negeri 1 Sayung.
Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru
dalam mengajar, 2) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa dalam belajar,
3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap
kreativitas siswa dalam belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Sayung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas guru
dalam mengajar (X), sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas siswa dalam
belajar (Y).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan
pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sayung
berjumlah 977 siswa yang terdiri dari 27 kelas, teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, kuesioner, interview dan dokumentasi. Kemudian data tersebut
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus
korelasi “Person Product Moment Correlation” (PPMC). Dalam hal ini
menempuh tiga langkah yaitu, analisis data kreativitas guru, analisis data
kreativitas siswa dan analisis pengaruh kreativitas guru terhadap kretivitas siswa
dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada pengaruh antara
kreativitas guru dalam mengajar terhadap kreativitas siswa dalam belajar pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung”, diterima. Ini
membuktikan pada hasil perhitungan korelasi hitung (
) lebih besar dari
koefisien korelasi tabel (
). Koefisien korelasi hitung (
)= 0.995 sedangkan
koefisien korelasi tabel (
) dengan taraf signifikansi 5% adalah 0.349. Dari hasil
tersebut berarti semakin tinggi kreativitas guru dalam mengajar, maka semakin
tinggi pula kreativitas siswa dalam belajar.
Saran dalam penelitian ini adalah kreativitas perlu ditanamkan bagi setiap
individu baik di kalangan guru maupun peserta didik dalam proses belajar
mengajar, guru harus berusaha lebih dalam mengajar, dan memberikan perhatian
khusus pada siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pelajaran, serta
siswa hendaknya harus terus menggali kreativitasnya baik di sekolah maupun luar
sekolah.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 08:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2015 08:51 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |