LATIF, AHMAD ABDUL (2015) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT SA’ID BIN ALI BIN WAHF AL-QAHTHANI DALAM KITAB AL-HADYU AN-NABAWI FI TARBIYATUL AULAD FI DHAUI AL-QURAN WA AS-SUNNAH. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

| Preview Download (164kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1COVER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

| Preview Download (51kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Abdul Latif, 152111570, konsep Pendidikan Anak Menurut Sa‟id bin
Ali bin Wahf al-Qahthani dalam kitab al-Hadyu An-Nabawi fi Tarbiyah Al-Aulad
fi Dhaui al-Quran wa as-Sunnah. Masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini
adalah bagaimana Pandangan Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani tentang cara
orangtua mendidik anak dan relevansinya dalam kehidupan modern.

Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan
kualitatif dengan menggunakan teknik studi literatur sebagai suatu teknik yang
dipergunakan untuk mempelajari buku-buku referensi. Temuan penelitian
menunjukan bahwa pandangan pendidikan Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani,
merupakan pemahaman yang berangkat dari teori dasar pendidikan anak dalam
Islam yang bersumberkan dari al-Quran dan Sunah. Seluruh proses pendidikan
yang dijelaskan oleh Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, pemikirannya diambil
dari al-Quran dan Sunnah. Adapun sumber pengumpulan data adalah dengan
menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang akan digunakan
berupa kitab al-Hadyu An-Nabawi fi Tarbiyah Al-Aulad fi Dhaui al-Quran wa asSunnah

karya Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani dan juga kitab karya yang
lainnya. Sedangkan sumber data sekunder berupa Tarbiyatul Aulad Fil Islam,
Manhaj tarbiyah an-Nabawiy, Kapita Selekta Pendidikan Islam, kitab-kitab,
buku-buku serta lainnya yang ada relevansinya dengan obyek pembahasan
penulis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara strategi mendidik
anak menurut Sa‟id bin Ali bin Wahf al -Qahthani dengan strategi pendidikan anak
dalam sebuah teori. Dari hasil perbandingan itu kemudian ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: konsep pendidikan anak meliputi; dasar
pendidikan anak, cara atau metode mendidik anak, tujuan mendidik anak, dan
materi dalam mendidik anak. Dari keempat aspek tersebut sa‟id bin Ali bin Wahf
al-Qahthani sangat menginginkan terbentuknya generasi quratal a’yun yang
memahami Islam secara benar dan murni, mempunyai keprbadian yang kuat dan
islami., pembahasan dan metode yang disampaikan oleh Syaikh Sa‟id bin Ali bin
Wafh al-Qahthani dinilai konsep pendidikan anak yang strategis dan mampu
mengatasi problematika dalam pendidikan anak era modern ini.

Kata kunci: Pendidikan Anak, Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani. al-Hadyu AnNabawi
fi
Tarbiyah
Al-Aulad
fi
Dhaui
al-Quran
wa
as-Sunnah

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:50
Last Modified: 25 Aug 2015 08:50
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item