Safii, Amaludin (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION DENGAN KOMBINASI SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI LOGIKA MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1abstrak.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1abstrak.pdf

| Preview Download (219kB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1cover.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1cover.pdf

| Preview Download (165kB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1daftar isi.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1daftar isi.pdf

| Preview Download (158kB)

Abstract

Safii, Amaludin. 2015.
Keefektifan Model Pembelajaran Auditory Intellectual
Repetition
Dengan Kombinasi Snowball Throwing Terhadap Prestasi
Belajar Materi Logika Matematika Pada Siswa Madrasah Aliyah.
Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung
Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II. Mohamad Aminudin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Auditory Intellectual Repetition , Snowball Throwing, Prestasi
Belajar, Logika Matematika.
Salah satu indikator keberhasilan belajar siswa adalah tinggi rendahnya prestasi
belajar yang diperoleh siswa. Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan siswa
yang diwujudkan dalam nilai tes setelah melalui proses belajar yang mencakup
bidang kongnitif, afektif dan psikomotorik. Tinggi rendahnya prestasi belajar
dipengaruhi oleh berbagai faktor, dimana faktor yang paling dominan yaitu guru,
siswa dan model pembelajaran. Upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar
siswa secara maksimal salah satunya dengan memilih model pembelajaran
Auditory Intellectually Repetition dengan kombinasi Snowball Throwing yang
diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa MA As-Samaniyah Demak kelas X yang berjumlah 84 siswa
yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara
random kelas (acak), untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa menggunakan
model pembelajaran AIR dengan kombinasi
Snowball Throwing dan kelas kontrol
sebanyak 20 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda kemudian diberikan tes akhir yaitu
tes prestasi belajar matematika. Dari hasil tes yang diperoleh dilakukan analisis
deskriptif yaitu untuk mengetahui rata-rata nilai prestasi belajar matematika kedua
sampel dan dilanjutkan dengan melakukan analisis uji hipotesis yaitu uji
normalitas dengan uji Chi Kuadarat, uji homogenitas dengan uji Levene, dan uji t
untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian.
Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persamaan regresi
=
29,655 + 0,497

+ 0,795

dengan nilai R
2
(indeks determinasi) sebesar 98,1%,
dan rata-rata kelas eksperimen

= 82,36 dan rata-rata kelas kontrol
= 78,81.
Uji hipotesis yang digunakan yaitu nilai p value melalui perhitungan statistik
sebesar 0,000 di mana < 0,05. Karena < 0,05 maka perbedaan bermakna secara
statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05. Karena t
hitung
> t
, maka tolak
Ho dan terima Ha. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa
tabel
yang menggunakan model pembelajaran
Auditory Intellectual Repetition
kombinasi Snowball Throwing dengan yang hanya menggunakan model
pembelajaran
Auditory Intellectual Repetition saja.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item