Salim, Ahmad (2015) RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SMA KELAS XI SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2014 BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Preview |
Text
Skripsi_1daftar isi.pdf |
Preview |
Text
Skripsi_1abstrak.pdf |
Preview |
Text
Skripsi_1cover.pdf |
Abstract
Salim, Ahmad. 2015. Relevansi Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik SMA Kelas XI Semester 1 Terbitan Kemendikbud Tahun 2014
Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Islam Sultan Agung. Pembimbing I Evi Chamalah, M.Pd., Pembimbing II
Meilan Arsanti, M.Pd.
Kata kunci: analisis, buku teks pelajaran, materi, penyajian, bahasa, kegrafikan,
dan kurikulum 2013.
Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik mempunyai
peran penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Buku teks tersebut haruslah
memenuhi standar buku teks berdasarkan standar aspek materi, penyajian, bahasa,
dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks
Bahasa Indonesia SMA kelas XI sudah memenuhi standar aspek materi,
penyajian, bahasa, dan kegrafikan buku teks Bahasa Indonesia menurut BSNP.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
SMA kelas XI semester 1 yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2014. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan
lembar penilaian buku teks Bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan
kesalahan penulis dalam menyusun buku teks pelajaran.
Hasil dari penelitian ini yaitu buku teks yang dianalisis termasuk dalam
kriteria baik dengan perolehan persentase skor rata-rata 75,72% pada aspek
materi, 76,84% pada aspek penyajian, 76,00% pada aspek bahasa, dan 80,31%
pada aspek kegrafikan. Persentase kesesuaian buku teks tersebut adalah 77,21%
dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku
teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI semester 1
terbitan Kemendikbud tahun 2014 sudah memenuhi standar aspek materi,
penyajian, bahasa, dan kegrafiakan menurut BSNP. Buku teks Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI semester 1 terbitan Kemendikbud
tahun 2014 dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di SMA kelas XI. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut
untuk menganalisis buku teks bahasa Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk
mengetahui kualitas buku teks bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 03:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 03:52 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |