Azaria, Ummi Nabila (2017) ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA HOMESCHOOLING. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (19kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (38kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (50kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (41kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (239kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (19kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (15kB)

Abstract

Adversity quotient adalah kemampuan seseorang untuk mengatasi kesulitan dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi atau tipe adversity quotient pada siswa homeschooling dan faktor yang mempengaruhi. Homeschooling merupakan metode pendidikan informal yang menggunakan sistem bebas yang berbeda dengan sekolah formal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemerolehan data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara dan observasi. Subjek berjumlah tiga orang siswa yang diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling dengan ciri-ciri siswa homeschooling di Kota Semarang yang telah mengikuti proses homeschooling minimal dua tahun dan telah bekerja dengan rentang usia 14-18 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi adversity quotient homeschooling pada ketiga subjek berbeda-beda, yaitu subjek pertama ketekunan, belajar dan mengambil resiko, subjek kedua perbaikan dan belajar serta subjek ketiga produktivitas. Faktor yang paling berkontribusi dalam aktifitas pekerjaan ketiga subjek adalah mengambil resiko, ketekunan dan belajar serta produktivitas dan kreativitas. Aspek yang mempengaruhi terbentuknya adversity quotient ketiga subjek adalah aspek control (C) dan origin and ownership (O2). Klasifikasi adversity quotient subjek pertama dalam homeschooling adalah tipe campers sedangkan untuk subjek kedua dan ketiga adalah quitters. Adversity quotient untuk aktifitas pekerjaan pada ketiga subjek termasuk dalam tipe climbers.
Kata Kunci: Adversity quotient dan homeschooling.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:29
Last Modified: 25 Jul 2017 02:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item