Ginanjar, Fajar Deni (2016) PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL ROLE PLAYING MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD ISLAM NURUL QUR’AN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (115kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (133kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (226kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (284kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (254kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (108kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk Peningkatan Cinta Tanah Air Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas V SD Islam Nurul Qur’an Genuk, kota Semarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Islam Nurul Qur’an Genuk yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan cinta tanah air siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh hasil cinta tanah air 71,42% dengan kriteria cinta tanah air baik. Pada siklus II diperoleh hasil cinta tanah air 88,57% dengan kriteria cinta tanah air sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan 57,14%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan 88,57%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar belajar siswa kelas V SD Islam Nurul Qur’an Genuk.

Kata kunci : cinta tanah air, prestasi belajar, model pembelaran role playing

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:28
Last Modified: 03 Jan 2017 01:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item