Rizqi, Ikfina Kamalia (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD ISLAM DARUL HUDA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of abstrak_1.pdf]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

| Preview Download (84kB)
[thumbnail of daftar isi_1.pdf]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

| Preview Download (110kB)
[thumbnail of bab II_1.pdf] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (311kB)
[thumbnail of cover_1.pdf]
Preview
Text
cover_1.pdf

| Preview Download (949kB)
[thumbnail of bab V_1.pdf] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (90kB)
[thumbnail of daftar pustaka_1.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

| Preview Download (90kB)
[thumbnail of bab I_1.pdf] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (181kB)
[thumbnail of bab III_1.pdf] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (635kB)
[thumbnail of bab IV_1.pdf] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran index card macth di kelas IV SD Islam Darul Huda, kecamatan Genuk, kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Darul Huda Semarang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan tes evaluasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar PKn yaitu 62,85 dengan prosentase ketuntasan 38,09% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar PKn 86,66 dengan prosentase ketuntasan 85,71%. Dilihat dari hasil siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang baik sekali. Pada sikap disiplin siswa pada siklus I mencapai skor 81,32% dan siklus II mencapai skor 92,64%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran index card macth pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap disiplin siswa. Sebaiknya saat pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran agar semua siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan siswa merasa senang untuk mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Index Card Macth

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:17
Last Modified: 04 Oct 2016 06:17
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item