Rafikayatun, Lilik (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG KELAS IVA SDN GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of 1 Halaman Awal.pdf]
Preview
Text
1 Halaman Awal.pdf

| Preview Download (118kB)
[thumbnail of 7 Abstrak.pdf]
Preview
Text
7 Abstrak.pdf

| Preview Download (106kB)
[thumbnail of 8 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

| Preview Download (247kB)
[thumbnail of 12 BAB 1.pdf] Text
12 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (242kB)
[thumbnail of 13 BAB 2.pdf] Text
13 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (410kB)
[thumbnail of 14 BAB 3.pdf] Text
14 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (375kB)
[thumbnail of 16 BAB 5.pdf] Text
16 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (110kB)
[thumbnail of 17 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
17 Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (330kB)
[thumbnail of 15 BAB 4.pdf] Text
15 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (570kB)

Abstract

Hasil observasi awaldi SDN Genuksari 02 semester 2 kelas IVA tahun pelajaran 2014/2015, termasuk dalam kategori rendah dan tanggung jawab siswa juga rendah. Tujuan penelitin ini untukmeningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT bantuan media teka-teki silang di SDN Genuksari 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 82,53% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 85,88% dengan kriteria tanggung jawab belajar siswa meningkat. Prestasibelajar siswa yang ditunjukkan dengan peningktan pestasi belajar setiap siklusnya. Persentase prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 66,66% dengan kriteria baik meningkat. Pada siklus II menjadi 87% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media Teka-teki silang dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar IPS kelas IVA SDN Genuksari 02. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran IPS bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT perlu di kembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Tanggung jawab, model Numbered Head Together, Teka-teki Silang

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:16
Last Modified: 30 Sep 2016 04:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item