Munfa’ati, Munfa’ati (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS IV SD NEGERI TAMBAKROTO DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
| Preview | Text cover_1.pdf | 
| ![bab I_1.pdf [thumbnail of bab I_1.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab I_1.pdf Restricted to Registered users only | 
| Preview | Text abstrak_1.pdf | 
| Preview | Text daftar isi_1.pdf | 
| ![bab II_1.pdf [thumbnail of bab II_1.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab II_1.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![bab III_1.pdf [thumbnail of bab III_1.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab III_1.pdf Restricted to Registered users only | 
| Preview | Text daftar pustaka_1.pdf | 
| ![bab V_1.pdf [thumbnail of bab V_1.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab V_1.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![bab IV_1.pdf [thumbnail of bab IV_1.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only | 
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambakroto Demak pada pokok bahasan sistem pemerintahan pusat melalui pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tambakroto Demak yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan
kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek kemandirian siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase yaitu 73,75% dengan kriteria kemandirian siswa baik. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata persentase yaitu 86,43% dengan kriteria kemandirian siswa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I
dengan persentase ketuntasan kelas yaitu 72,41%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koopertif tipe Cooperative Integrated
Reading and Composition dapat meninkatkan kemandirian dan prestasi belajar di kelas IV SD Tambakroto Demak.
Kata Kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA | 
| Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:27 | 
| Last Modified: | 27 Sep 2016 03:27 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5323 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
