Munfa’ati, Munfa’ati (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS IV SD NEGERI TAMBAKROTO DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of cover_1.pdf]
Preview
Text
cover_1.pdf

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of bab I_1.pdf] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of abstrak_1.pdf]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of daftar isi_1.pdf]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of bab II_1.pdf] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of bab III_1.pdf] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka_1.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of bab V_1.pdf] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of bab IV_1.pdf] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambakroto Demak pada pokok bahasan sistem pemerintahan pusat melalui pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tambakroto Demak yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan
kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek kemandirian siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase yaitu 73,75% dengan kriteria kemandirian siswa baik. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata persentase yaitu 86,43% dengan kriteria kemandirian siswa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I
dengan persentase ketuntasan kelas yaitu 72,41%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koopertif tipe Cooperative Integrated
Reading and Composition dapat meninkatkan kemandirian dan prestasi belajar di kelas IV SD Tambakroto Demak.
Kata Kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:27
Last Modified: 27 Sep 2016 03:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item View Item