ADISTI, NURKAYATI THETANEA (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU HAMIL TERHADAP PEMANFAATAN BUKU KIA DI PUSKESMAS BANGETAYU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Kebidanan_32102100078_fullpdf.pdf] Text
Kebidanan_32102100078_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Kebidanan_32102100078_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Kebidanan_32102100078_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (59kB)

Abstract

Latar Belakang: Status gizi ibu hamil memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Salah satu media edukasi gizi yang disediakan pemerintah adalah Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Namun, pemanfaatannya belum optimal. Pengetahuan ibu hamil mengenai gizi menjadi faktor penting dalam meningkatkan pemanfaatan buku tersebut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi ibu hamil terhadap pemanfaatan Buku KIA di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 52 ibu hamil diambil menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square menggunakan SPSS. Hasil: Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan gizi dalam kategori baik (37,2%), namun masih terdapat 33,5% yang memiliki pengetahuan kurang. Sebagian besar ibu yang berpengetahuan baik menunjukkan pemanfaatan Buku KIA yang juga baik. Hasil uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi ibu hamil dengan pemanfaatan Buku KIA (p < 0,05).

Kata Kunci: Pengetahuan Gizi, Ibu Hamil, Pemanfaatan Buku KIA

Dosen Pembimbing: Wulandari, Catur Leny | nidn0626067801
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Nov 2025 06:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43365

Actions (login required)

View Item View Item