Rahmawati, Siti Annis (2025) ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUAN E-LKS BERBASIS GEOGEBRA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201900027_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201900027_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201900027_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201900027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berbantuan E-LKS berbasis GeoGebra. Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi penting abad 21 yang harus dimiliki siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Melalui kolaborasi, siswa dapat bertukar ide, menghargai pendapat, dan mencapai solusi bersama. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa SMP Negeri 3 Pabelan masih belum optimal, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Pabelan. Subjek penelitian dibagi menjadi tujuh kelompok, masing-masing terdiri dari 5-6 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahapan validasi, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa dapat dibagi dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pada kategori tinggi, siswa menunjukkan komitmen kuat, aktif bermusyawarah, menghormati pendapat orang lain, serta berpartisipasi merata. Pada kategori sedang, siswa cukup mampu berkolaborasi meskipun masih bergantung pada anggota dominan dan partisipasi belum merata. Sedangkan pada kategori rendah, siswa cenderung pasif, musyawarah terbatas, penghormatan terhadap pendapat kurang, serta partisipasi rendah. Secara keseluruhan, penerapan E-LKS berbasis GeoGebra berkontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi siswa, meskipun diperlukan pembiasaan lebih lanjut agar setiap anggota kelompok dapat berperan aktif secara konsisten.
Kata Kunci: keterampilan kolaborasi, bangun ruang, E-LKS, GeoGebra

Dosen Pembimbing: Aminudin, Mohamad | nidn0609058401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Dec 2025 09:01
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42973

Actions (login required)

View Item View Item