SETYAWATI, NGESTI (2025) PENGARUH METODE EDUKASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KADER POSYANDU DALAM PENGUKURAN ANTROPOMETRI PADA BALITA DI DESA BUMIHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902400253_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902400253_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902400253_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902400253_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (121kB)

Abstract

Latar belakang: Posyandu memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, namun masih ditemukan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan tugasnya. Pada masa balita atau yang biasa disebut sebagai golden age merupakan masa dimana manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.
Tujuan: Mengetahui pengaruh metode edukasi flipped classroom terhadap tingkat pengetahuan kader posyandu dalam pengukuran antropometri di Kelurahan Bumiharjo.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest control group. Sampel sebanyak 38 responden dipilih dengan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok (intervensi dan kontrol, masing-masing 19 orang). Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney U Test, dan ANCOVA.
Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok intervensi terjadi peningkatan signifikan tingkat pengetahuan setelah perlakuan (p=0,000), dengan proporsi pengetahuan baik meningkat dari 5,3% menjadi 36,8%. Pada kelompok kontrol, peningkatan terjadi namun terbatas (p=0,003) dan tidak ada responden yang mencapai kategori baik. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan signifikan pengetahuan posttest antara kelompok intervensi dan kontrol (p=0,000). Analisis ANCOVA menunjukkan bahwa setelah mengontrol nilai pretest, perbedaan skor posttest tetap signifikan (F=6,771; p=0,013), dengan model menjelaskan 66,7% variasi pengetahuan kader.
Kesimpulan: Disimpulkan bahwa metode edukasi flipped classroom efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pelatihan kader kesehatan untuk mendukung optimalisasi pelayanan posyandu.

Kata kunci : flipped classroom, edukasi kesehatan, kader posyandu, pengetahuan, keterampilan

Dosen Pembimbing: Wahyuningsih, Indah Sri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:41
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42684

Actions (login required)

View Item View Item