BASRI, M. JAKA SAIFULLAH CHASAN (2025) KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 5 DI SD SEKOLAH ALAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100147_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100147_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100147_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100147_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (71kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menguji perbandingan antara pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di kelas 5 SD Alam Ungaran. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain pretest-posttest pada satu kelas, dimana data dikumpulkan melalui angket dikotomi pada dua waktu berbeda. Sampel sebanyak 16 siswa yang melakukan proses pembelajaran menggunakan kedua model tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik Mc Nemar untuk melihat adanya perubahan tidaknya antara nilai pretest-posttest setiap kelompok. Hasil penelitian dengan Uji Mc Nemar mengungkapkan bahwa kelompok kedua yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang signifikan (p = 0,003), dengan hasil posttest yang lebih tinggi daripada pretest. Sebaliknya, pada kelompok pertama yang menggunakan pembelajaran konvensional tidak memperlihatkan perubahan yang signifikan (p = 0,774). Dengan model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif yang lebih efektif dalam proses kegiatan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Pada Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengimplementasikan pembelajaran proyek guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran konvensional, hasil belajar, pre-experiment, uji McNemar

Dosen Pembimbing: Farhan, Moh. and Hariyadi, Sugeng | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42458

Actions (login required)

View Item View Item