AFNAN, MUHAMMAD KHAMIM (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100128_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100128_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100128_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100128_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan moderasi beragama kepada peserta didik, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam moderasi beragama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMAN 10 Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan tringulasi teknik, dan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran guru PAI dalam menanamkan moderasi beragama pada peserta didik di SMAN 10 yaitu keteladanan, memotivasi, menyampaikan informasi, dan menginspirasi. Adapun faktor pendukung dalam menanamkan moderasi beragama kepada peserta didik yaitu adanya program dari sekolah dan peran penting guru PAI. Sedangkan faktor penghambatnya karena adanya pengaruh diluar sekolah yang sulit untuk dikontrol sehingga terpapar ajaran-ajaran yang ekstrem maupun provokatif.

Kata Kunci: Peran Guru PAI; Moderasi Beragama

Dosen Pembimbing: Muflihin, Ahmad and Anwar, Khoirul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:03
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42445

Actions (login required)

View Item View Item