FEBRIANINGTYAS, NABILA (2025) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS N 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100125_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100125_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100125_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100125_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi metode Drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada peserta didik kelas VII MTs N 2 Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Quran pada sebagian siswa yang disebabkan kurangnya latihan dan pembiasaan membaca sesuai kaidah tajwid yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode drill berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat rencana capaian peserta didik. Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tahapan yang diaplikasikan secara konsisten melalui sesi berulang yang intensif dan guru harus berperan aktif sehingga para peserta didik bisa segera memperbaiki kesalahan dan memahami materi. Proses evaluasi untuk memantau kemajuan peserta didik harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan pembelajaran tetap adaptif dan responsive terhadap kebutuhan setiap peserta didik setelah diterapkannya metode Drill, dengan dilakukan penilaian secara formatif dan sumatif. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca peserta didik, membuktikan bahwa metode Drill efektif dalam menanamkan keterampilan membaca Al-Quran dengan kaidah tajwid yang benar.

Kata Kunci : Metode Drill, Kemampuan Membaca Al-Quran, Pembelajaran, Peserta Didik Kelas VII

Dosen Pembimbing: Sholihah, Hidayatus and Muflihin, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:03
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42444

Actions (login required)

View Item View Item