KURUPAT, CRESENSIA KANIP (2025) HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RAWAT INAP RS BHAYANGKARA TK. II JAYAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902400180_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902400180_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902400180_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902400180_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang: perawat adalah tenaga kesehatan yang paling dominan di rumah sakit termasuk di instalasi rawat inap. Dominasi tersebut cenderung berdampak pada sorotan utama dari masyarakat termasuk pasien. Ketika kinerja perawat baik maka mampu mengcover semua layanan dirumah sakit tersebut akan bernilai baik dimata masyarakat dan pasien sehingga menjadikannya titik krusial bagi perawat untuk bekerja sesuai dengan kompetensi, tugas pokok dan fungsi serta standar praktik yang ditetapkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini mengkaji hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien yang dirawat pada instalasi rawat inap RS Tk. II Bhayangkara Jayapura.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan studi korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 98 orang dengan jumlah perawat dan pasien sama yakni 49 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah insidensial. Data dianalisis dengan spearmank rho.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa usia 26-45 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan pendidikan Diploma III, dan lama kerja diatas 3 tahun. Sementara responden pasien mayoritas usia 18-25 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan pendidikan terbanyak adalah SMA, memiliki pekerjaan wiraswasta, dan lama perawatan 1-3 hari. Kinerja perawat yang ditemukan berkategori baik sementara kepuasan pasien mayoritas sangat puas. Hasil analisis spearman rho didapatkan tingkat kekuatan korelasi sebesar 0,924 dengan p-value 0,000.
Simpulan: kinerja perawat berhubungan dengan kepuasan pasien yang dirawat pada instalasi rawat inap RS Bhayangkara Tk. II Jayapura. Diharapkan pengukuran kinerja perawat dengan kepuasan pasien dilakukan berkala maksimal 1 kali dalam setahun untuk mengevaluasi pelayanan keperawatan.

Kata kunci: Kinerja, Kepuasan, Perawat, Rawat inap

Dosen Pembimbing: Haiya, Nutrisi Nu'im | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:08
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42408

Actions (login required)

View Item View Item