ATMIKO, JOKO J (2025) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK RED SUN MEBEL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI E – COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100117_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100117_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100117_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100117_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (50kB)

Abstract

Red Sun Mebel menghadapi kendala dalam meningkatkan volume penjualan produk furnitur secara signifikan. sebelum memanfaatkan platform e-commerce Shopee, Strategi pemasaran yang dijalankan masih terbatas pada metode tradisional dan belum terintegrasi dengan teknologi digital, sehingga jangkauan pasar dan efektivitas komunikasi pemasaran relatif rendah. Keputusan untuk bergabung dan mengoptimalkan berbagai fitur yang tersedia di Shopee sebagai marketplace dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia menjadi langkah strategis yang berdampak positif terhadap kinerja penjualan. Melalui pemanfaatan platform digital ini, Red Sun Mebel mampu memperluas segmentasi pasar, memperkuat interaksi dengan konsumen, serta meningkatkan visibilitas dan daya saing produk dalam ekosistem perdagangan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi Red sun mebel dalam meningkatkan penjualan produk furniture secara online di e-commerce Shopee . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari aktivitas penjualan akun resmi Red sun mebel di Shopee . Teori yang digunakan adalah Action Assembly Theory yang menjelaskan penyusunan pesan pemasaran, serta bauran promosi dari Kotler & Keller.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Red sun mebel secara aktif memanfaatkan fitur-fitur utama Shopee seperti Shopee Live untuk membangun interaksi real-time dengan pembeli dan meningkatkan trust terhadap produk, Shopee Video untuk menampilkan demonstrasi produk secara visual, serta fitur voucher toko, flash sale, dan gratis ongkir untuk mendorong pembelian impulsif. Selain itu, fitur seperti chat otomatis, rating dan ulasan, serta halaman penilaian toko turut membantu dalam membangun citra toko yang profesional dan responsif. Shopee Seller Center digunakan secara maksimal untuk mengatur etalase produk, menganalisis data penjualan, dan mengelola performa toko secara menyeluruh. Strategi komunikasi pemasaran ini diperkuat dengan segmentasi yang tepat, yaitu menyasar keluarga muda dan konsumen usia 25–45 tahun yang cenderung berbelanja furnitur secara online. Pemanfaatan fitur secara terintegrasi ini terbukti mampu meningkatkan visibilitas toko, menciptakan interaksi yang berkesinambungan dengan pelanggan, serta mendorong pertumbuhan penjualan yang signifikan.

Kata Kunci: Fitur Shopee, Promosi produk, Pemasaran Mebel, Shopee Live, E-Commerce

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42233

Actions (login required)

View Item View Item