RIZQULLAH, FADHIL DZAKY BETA (2025) PENGARUH INFLUENCER NAJWA SHIHAB DAN FoMO DI INSTAGRAM TERHADAP OPINI PUBLIK (Studi Kasus pada Postingan Peringatan Darurat Garuda Biru). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100105_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100105_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Media sosial kini menjadi wadah utama dalam pembentukan opini publik, terutama dalam isu-isu yang bersifat darurat dan sensitif. Salah satunya adalah fenomena peringatan darurat “Garuda Biru” yang diposting oleh akun Instagram @najwashihab, yang mendapat respons besar dari publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer dan perilaku Fear of Missing Out (FoMO) terhadap opini publik tentang postingan peringatan darurat tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang menekankan peran aktif audiens dalam memilih dan menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @najwashihab yang telah dihitung menggunakan rumus slovin, dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji T influencer yang mempengaruhi opini publik mempunyai nilai t hitung 4,437 dengan signifikan kurang dari 0,001. Dengan menggunakan batas signifikan 0,05, didapatkan nilai t tabel sebesar 0,1660, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolah H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan variabel influencer (X1) terhadap opini publik (Y). Selanjutnya FoMO yang memepngaruhi opini publik mempunyai nilai t hitung 3,725 dengan signifikan kurang dari 0,001. Dengan menggunakan batas signifikan 0,05 didapatkan nilai t tabel sebesar 0,1660, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO diterima dan H2 ditolak yang berarti variabel FoMO (X2) terhadap opini publik (Y). keterbatasan dalam penelitian ini hanya melibatkan 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @najwashihab. Jumlah ini relatif kecil jika dibandingkan dengan total jumlah pengikut akun tersebut yang mencapai lebih dari 24 juta.
Kata Kunci: Influencer, FoMO, Opini Publik, Instagram, Najwa Shihab, Peringatan Darurat.
| Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 01:40 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
