PUTERI, VIRA ANGGUNITA (2025) PEMANFAATAN ENDORSEMENT TIKTOK @HELLODHANI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK WARDAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100098_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100098_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100098_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (54kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah media sosial menjadi salah satu alat utama dalam strategi pemasaran digital bagi peluang bisnis. Aplikasi TikTok salah satu media yang dijadikan wadah promosi sebuah perusahaan sebagai direct marketing. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan endorsement @hellodhani sebagai komunikasi pemasaran digital produk Wardah. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Dalam melakukan analisis pemanfaatan endorsement TikTok dengan menggunakan metode Integrated Marketing Communication (IMC) untuk analisis data dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement melalui TikTok efektif dalam menarik perhatian audience, terutama generasi muda, karena menggabungkan elemen visual, naratif, dan identitas personal. Selain itu, interaksi antara pengikut dan celebrity endorser pada kolom komentar dan fitur TikTok mendukung peningkatan brand awareness dan engagement. Kesimpulannya adalah penggunaan komunikasi pemasaran digital produk Wardah oleh endorsement TikTok @hellodhani membawa dampak peningkatan penjualan dan memperkuat citra positif Wardah di kalangan target pasar. Rekomendasi untuk perusahaan adalah terus mengoptimalkan kolaborasi dengan celebrity endorser yang memiliki pengaruh kuat di media sosial.
Kata Kunci : selebriti endorse, pemanfaatan TikTok, produk wardah.

Dosen Pembimbing: Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:39
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42229

Actions (login required)

View Item View Item