KISTIN, UMI ALIFIYAH (2025) PENGARUH MENONTON KONTEN YOUTUBE “KEPERCAYAAN DIRI: FONDASI UTAMA PUBLIC SPEAKING” DI CHANNEL “MAYA RACHMA” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA SUBSCRIBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100096_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100096_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Maya Rachma merupakan sebuah channel youtube yang bersifat edukasi nonformal yang berfokus pada pengembangan keterampilan public speaking dan keterampilan komunikasi lainnya. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh konten public speaking di channel Maya Rachma terhadap motivasi belajar dan peningkatan kemampuan public speaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten YouTube berjudul “Kepercayaan Diri: Fondasi Utama Public Speaking” yang ditayangkan pada channel Maya Rachma terhadap motivasi belajar dan peningkatan kemampuan public speaking pada subscriber. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme, dengan menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organisme Respons) yang menjelaskan bahwa perubahan perilaku (respons) terjadi sebagai hasil dari interaksi antara (stimulus) yang diberikan dan bagaimana (stimulus) tersebut diproses oleh (organisme), di mana kualitas stimulus memiliki peran penting dalam memengaruhi respons yang muncul. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan program SPSS 25 dengan teknik analisis uji regresi linier sederhana selain itu, penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten kepercayaan diri: fondasi utama public speaking berpengaruh terhadap minat belajar dan peningkatan kemampuan public speaking, hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana variabel motivasi belajar diperoleh t hitung (4,253) > t tabel (1,995) maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, dan variabel peningkatan kemampuan public speaking dengan nilai t hitung (4,487) > t tabel (1,995) maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori S-O-R (Stimulus Organisme Respons), yang menyatakan bahwa stimulus yang diberikan oleh channel Maya Rachma merupakan rangsangan positif dan menghasilkan respons positif pula. Respons yang muncul tidak terjadi secara langsung, melainkan melalui perantara berupa motivasi belajar sebagai faktor internal yang berperan penting dalam membentuk perubahan perilaku. teori SOR membantu menjelaskan bahwa konten digital tidak hanya memberikan dampak secara instan, tetapi juga melalui proses internalisasi di dalam diri individu sebelum menghasilkan respons akhir berupa peningkatan kemampuan public speaking.
Kata Kunci: Youtube, Motivasi Belajar, Keterampilan Public Speaking, Teori S-O-R, Media Pembelajaran.
| Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 01:38 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
