NUGROHO, RUTAMA ADHI (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DIREKTORAT PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DESA DAERAH TERTINGGAL DALAM PUBLIKASI MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DITPPUDDT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100088_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100088_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100088_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (58kB)

Abstract

Strategi komunikasi adalah perencanaan komunikasi yang dijadikan panduan untuk melaksanakan komunikasi dengan baik dan efektif. Dalam analisis strategi komunikasi Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa Daerah Tertinggal penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis strategi komunikasi Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa Daerah Tertinggal dalam publikasi melalui akun media sosial Instagram @ditppuddt. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode peneltian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka dan mengunakan paradigma kontruktivisme. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Excellence Public Relations untuk membangun komunikasi yang lebih efektif, dua arah, dan simetris antara lembaga dan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis strategi komunikasi Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa Daerah Tertinggal dalam publikasi melalui akun media sosial Instagram @ditppuddt yang diterapkan mencakup konsistensi unggahan, pemilihan pesan utama yang sesuai, penggunaan teknik penyusunan pesan yang menarik, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta pemanfaatan tagar untuk memperluas jangkauan konten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram sebagai media sosial dapat menjadi alat yang strategis dalam publikasi pemerintah jika digunakan secara terencana, kreatif, dan konsisten. Strategi komunikasi yang tepat mampu membangun kepercayaan publik, meningkatkan partisipasi masyarakat, serta memperkuat citra positif lembaga pemerintah, keterbatasan penelitian memfokuskan pada media sosial Instagram saja menjadikan penelitian ini mencangkup kurang luas penelitian ini lebih memfokuskan penelitian pada media sosial Instagram @ditppuddt dikarenakan ini menjadikan keterbatasan penelitian tidak memfoukuskan semua sosial medianya.

Kata Kunci : Stategi Komunikasi, Media Sosial Instagram, Cyber Public Relationship, Teori Excellence.

Dosen Pembimbing: Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42223

Actions (login required)

View Item View Item