SALSABILA, NAILA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FLORIST ROCCE BLOOMS DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100075_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100075_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100075_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (45kB)

Abstract

Di era digital saat ini, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama dalam persaingan bisnis, salah satunya dalam industri florist. Rocce Bloom sebagai salah satu usaha florist di Kota Semarang berjuang menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan volume penjualan di tengah maraknya persaingan usaha sejenis. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Rocce Bloom menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi digital maupun tatap muka untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, serta mendorong peningkatan penjualan produk rangkaian bunga artificial dan layanan pengiriman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Rocce Bloom memanfaatkan berbagai platform digital seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business untuk promosi, edukasi, dan interaksi dengan pelanggan. Selain itu, strategi word of mouth juga dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Dari sisi bauran pemasaran 7P, Rocce Bloom menekankan pada kualitas produk, harga kompetitif, pelayanan cepat dan ramah, serta kemudahan pemesanan secara online. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha florist maupun UMKM lainnya dalam mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan daya saing dan volume penjualan.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Florist Rocce Bloom, Penjualan

Dosen Pembimbing: Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42216

Actions (login required)

View Item View Item