KAMALUDIN, MUHAMMAD RENDI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI EDUKASI DALAM OPTIMALISASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SI D'NOK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100071_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100071_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Si D'nOK (Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan) adalah sebuah aplikasi mobile service dinas dukcapil (penduduk catatan sipil) yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah akses informasi bagi warga. Aplikasi tersebut berisi tentang dokumen akta kelahiran, akta kematian, KTP Elektronik, KIA (Kartu Identitas Anak), Kartu Keluarga, perpindahan warga keluar dan kedatangan warga yang dapat diakses melalui website di google melalui aplikasi di playstore. Namun demikian, penduduk Kota Semarang memiliki permasalahan yaitu rendahnya literasi digital, masyarakat sulit menggunakan aplikasi yang diakses secara digital karena belum sepenuhnya menyadari dan memahami manfaat dan cara penggunaan aplikasi Si D’nOk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi komunikasi edukasi dalam optimalisasi layanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Si D’nOK di Kota Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Si D’nOK di Kota Semarang serta strategi komunikasi apa yang dapat digunakan untuk mengedukasi dalam optimalisasi layanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi Si D'nOK di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengacu pada teori difusi inovasi organisasi menurut Everett Rogers. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur sebagai sumber data primer dan studi Pustaka sebagai sumber data sekunder.
Hasil penelitian dan analisis menemukan fakta bahwa Strategi komunikasi edukasi yang diterapkan dalam sosialisasi Aplikasi Si D’nOK oleh Pemerintah Kota Semarang masih bersifat dominan satu arah, melalui media sosial, banner, brosur, dan informasi di situs resmi. Meskipun informatif, pendekatan ini belum sepenuhnya mampu menjangkau dan membentuk pemahaman mendalam masyarakat terhadap manfaat dan cara penggunaan aplikasi. Dengan demikian diperlukan strategi komunikasi edukasi yang partisipasif, persuasif dan berbasis komunitas sehingga pemanfaatan aplikasi Si D’nOK dapat lebih maksimal.
Kata Kunci: Aplikasi Si D’nOK, Teori difusi inovasi, Disdukcapil
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:24 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
