FADILLAH, ACHMAD RIZKI (2025) ANALISIS PERAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENILAI INFORMASI DARI AKUN @GERALDVINCENTT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100010_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100010_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penetrasi media sosial sebagai sumber informasi di era digital semakin meningkat, termasuk di kalangan mahasiswa. Salah satu platform yang kini populer sebagai sarana edukasi alternatif adalah TikTok. Akun TikTok @geraldvincentt menjadi salah satu contoh nyata dari fenomena ini, dengan menyajikan konten edukatif yang dikemas secara menarik, ringkas, dan berbasis riset. Tingginya interaksi pengguna menunjukkan bahwa konten ini tidak hanya menghibur, tetapi juga dianggap informatif. Namun demikian, di tengah arus informasi yang deras dan cepat, kemampuan berpikir kritis menjadi penting, khususnya bagi mahasiswa sebagai kelompok terdidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mahasiswa menilai informasi dari akun @geraldvincentt secara kritis, serta bagaimana mereka menilai kredibilitas dan kepercayaan terhadap akun tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali pemaknaan, persepsi, dan sikap mahasiswa terhadap konten edukatif di media sosial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sejauh mana mahasiswa mampu bersikap kritis terhadap informasi digital, serta peran literasi digital dalam membentuk pola pikir dan perilaku konsumsi informasi mereka.
Kata kunci: TikTok, berpikir kritis, mahasiswa, media sosial, kredibilitas informasi
| Dosen Pembimbing: | Mubarok, Mubarok | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:22 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
