ZIYADATURROHMAH, IZZA (2025) HUBUNGAN ANTARA LUKA BATIN MASA KANAK-KANAK DAN PEMAAFAN DENGAN OPTIMISME PADA MAHASISWA BARU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Psikologi_30702100103_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30702100103_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30702100103_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30702100103_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara luka batin masa kanak-kanak dan pemaafan dengan optimisme pada mahasiswa baru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi penelitian mencakup mahasiswa baru (2024) dari 10 fakultas di Universitas Islam Sultan Agung melalui cluster random sampling didapatkan 300 subjek (149 untuk try out, 151 untuk penelitian). Instrumen penelitian meliputi skala optimisme (10 butir; reliabilitas 0,815), skala luka batin masa kanak-kanak (30 butir; reliabilitas 0,951), dan skala pemaafan (18 butir; reliabilitas 0,816). Analisis data menggunakan regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil menunjukkan hubungan signifikan antara luka batin masa kanak-kanak dan pemaafan dengan optimisme (R=0,531; p<0,05; Fhitung=29,052 > Ftabel=3,057). Terdapat hubungan negatif signifikan antara luka batin masa kanak-kanak dan optimisme (ry1-2=-0,436; p<0,01) ketika pemaafan dikendalikan. Sebaliknya, pemaafan memiliki hubungan positif namun tidak signifikan dengan optimisme (ry1-2=0,092; p=0,264) ketika luka batin masa kanak-kanak dikendalikan, menunjukkan bahwa pemaafan memerlukan faktor pendukung lain untuk memengaruhi optimisme.

Kata kunci : optimisme, luka batin masa kanak-kanak, pemaafan.

Dosen Pembimbing: Anggraini, Retno | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 17 Nov 2025 01:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41945

Actions (login required)

View Item View Item