Lismarahmah, Destaliany Aulia (2025) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN METODE MULTISENSORI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD AL-AZHAR 53 BREBES. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Kedokteran Umum_30101800043_fullpdf.pdf] Text
Kedokteran Umum_30101800043_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Kedokteran Umum_30101800043_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Kedokteran Umum_30101800043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (45kB)

Abstract

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) termasuk dalam salah satu upaya perilaku hidup hidup bersih dan sehat (PHBS). Kebiasaan cuci tangan di kalangan siswa sekolah dasar (SD) masih rendah terutama akibat kurangnya pengetahuan. Upaya secara komprehensif dari berbagai sektor salah satunya melalui edukasi menggunakan metode multisensori dapat diupayakan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode tersebut dipilih karena melibatkan pembelajaran otak secara keseluruhan sehingga diharapkan mendapat luaran yang lebih baik. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pemberian edukasi kesehatan dengan metode multisensori terhadap pengetahuan siswa SD tentang CTPS.
Penelitian quasi eksperimen menggunakan rancangan pretest-postest. Subjek penelitian 49 siswa kelas IV-VI SD Al-Azhar 53 Brebes. Edukasi kesehatan metode multisensori dilakukan dengan tiga jenis kegiatan yaitu menggunakan slide power point (PPT), melihat video cara CTPS, dan demonstrasi/praktik CTPS. Edukasi dilakukan selama 3 (tiga) hari berturut-turut dengan durasi untuk ketiga jenis kegiatan tersebut selama 30 menit Pengetahuan tentang CTPS dinilai dari kuesioner berisi 12 pertanyaan pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengaruh pemberian edukasi kesehatan metode multisensori terhadap pengetahuan siswa dianalisis dengan uji Wilcoxon.
Rerata skor pengetahuan tentang CTPS sebelum pemberian edukasi kesehatan dengan metode multisensori adalah sebesar 6,35 ± 2,97 sedangkan sesudah pemberian edukasi kesehatan menjadi sebesar 11,9 ± 0,31. Uji Wilcoxon didapatkan nilai p<0,001 menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan tentang CTPS antara sebelum dan sesudah pemberian edukasi kesehatan dengan metode multisensori. Pemberian edukasi kesehatan dengan metode multisensori meningkatkan pengetahuan CTPS sebesar 5,55.
Pemberian edukasi kesehatan dengan metode multisensori berpengaruh terhadap pengetahuan tentang CTPS pada siswa SD Al-Azhar 53 Brebes.
Kata kunci: Pengetahuan tentang CTPS, edukasi kesehatan, metode multisensori

Dosen Pembimbing: Indrayani, Ulfah Dian | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Mahasiswa FK - Skripsi Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41190

Actions (login required)

View Item View Item