MUQORRIROH, SYAHADAH (2025) INTERNALISASI NILAI KEBERSAMAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM GUNA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SD NEGERI PRIGI 2 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100145_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100145_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100145_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100145_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai kebersamaan pada peserta didik di SD Negeri Prigi 2 guna mencegah terjadinya perundungan. Menggunakan Metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri Prigi 2 telah menginternalisasikan nilai kebersamaan guna mencegah perundungan dengan baik yang dilakukan melalui penanaman sikap toleransi, empati, solidaritas, dan tolong menolong, dengan cara melaksanakan10 progam kegiatan yang dilakukan secara rutin yaitu membaca Asmaul Husnah bersama, senam bersama, bersih-bersih lingkungan sekolah bersama, belajar kelompok bersama, berdiskusi bersama, pembuatan regu piket, kegiatan bermain bersama, dan kegiatan makan bersama. Penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai kebersamaan efektif mencegah perundungan di SD Negeri Prigi 2. Disarankan agar sekolah terus mengembangkan pendidikan karakter yang menekankan kebersamaan, empati, dan toleransi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif bagi siswa.

Kata kunci: Internalisasi Kebersamaan; Pencegahan Perundungan

Dosen Pembimbing: Samsudin, Samsudin and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41060

Actions (login required)

View Item View Item