Rahmawati, Vivi Yunita (2025) PENGARUH LABEL TASYA FARASYA APROVED TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT ULTRA LIGHT DAILY SUNSCREEN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100099_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100099_fullpdf.pdf |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tren meningkatnya pengaruh Influencer dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya di kalangan mahasiswa. Salah satu figur yang memiliki pengaruh besar adalah Tasya Farasya dengan Label Tasya Farasya Approved yang diberikan pada produk yang ia rekomendasikan, seperti Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Label Tasya Farasya Approved terhadap minat beli produk Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen dengan kepercayaan merek sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan Teori Kredibilitas Sumber. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling kepada 100 mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang telah menonton konten review produk Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen oleh Tasya Farasya dan mengetahui Label Tasya Farasya Approved. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 27 menggunakan metode analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis/MRA).
Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Label Tasya Farasya Approved terhadap Minat Beli Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen sebesar 4,7%. Penelitian ini juga menunjukkan hasil analisis regresi moderasi yang menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara Label Tasya Farasya Approved dengan di moderasi kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen sebesar 51%. Artinya, kepercayaan merek terbukti memperkuat pengaruh Label Tasya Farasya Approved terhadap minat beli konsumen. Temuan ini membuktikan bahwa semakin tinggi kepercayaan terhadap merek, maka semakin besar pula pengaruh positif dari Label Tasya Farasya Approved terhadap minat beli Produk Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori kredibilitas sumber terbukti relevan karena mampu menjelaskan bahwa semakin tinggi kredibilitas seorang Influencer, maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap minat beli. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Label Tasya Farasya Approved terhadap Minat Beli dengan kepercayaan Merek sebagai Variabel Moderasi.
Kata Kunci: Label Tasya Farasya Approved, Kepercayaan Merek, Minat Beli
Dosen Pembimbing: | Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |