Choirunissa, Rahma (2025) PENGARUH KONTEN TIKTOK @rucas.official DAN BRAND IMAGE RUCAS TERHADAP MINAT BELI GEN Z DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100080_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100080_fullpdf.pdf |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan tiktok yang semakin berperan dalam strategi pemasaran digital, termasuk oleh brand lokal Rucas melalui akun @rucas.official. Rucas merupakan produk fashion dalam negeri memanfaatkan tiktok untuk pemasaran dan branding.Maraknya tren thrifting di kalangan gen z Kota Semarang yang menjadi tantangan bagi brand dalam negeri, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konten TikTok @rucas.official dan brand image Rucas terhadap minat beli Gen Z. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan paradigma positivisme dan teori Elaboration Likelihood Model. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dari 100 responden Gen Z menggunakan rumus Slovin. Uji dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan perangkat software aplikasi IMB SPSS Versi 26 for windows untuk menguji data statistik
Hasil uji t menunjukkan konten TikTok @rucas.official berpengaruh positif terhadap minat beli Gen Z dengan signifikansi 0,02 artinya <0,05 dan t hitung 3,126 > t tabel 1,985. Brand image juga berpengaruh positif dengan signifikansi 0,00 artinya <0,05 dan t hitung 4,978 > 1,985. Uji F menunjukkan konten tiktok @rucas.official dan brand image Rucas berpengaruh positif terhadap minat beli gen z kota Semarang nilai signifikansi 0,00 artinya <0,05 dan F hitung 125,763 > F tabel 3,09. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,722, yang berarti 72,2% minat beli dipengaruhi oleh konten TikTok dan brand image. Maka semakin menarik konten tiktok dan semakin bagus brand image terbukti mampu mempengaruhi minat beli.Keterbatasan penelitian ini adalah fokus pada platform tiktok dan jawaban dari responden Gen Z di Kota Semarang yang memungkinkan kurang mewakili keseluruhan responden.
Kata Kunci: Konten TikTok, Brand Image, Minat Beli, Gen Z.
Dosen Pembimbing: | Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |