Lathifah, Iva (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_fullpdf.pdf  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi sains siswa pada mata
pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pundenaru 1 yang berjumlah 29
siswa. Instrumen penelitian berupa soal esai yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10
soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai yang
diperoleh siswa antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 50,8,
sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 78,4. Berdasarkan analisis
menggunakan uji paired t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang
menunjukkan sig. (2-tailed) < α (0,05). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho)
ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
penggunaan media Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi
sains siswa kelas V SD.
Kata Kunci: Baamboozle, Game-based learning, Literasi sains
| Dosen Pembimbing: | JUPRIYANTO, JUPRIYANTO | nidn0607118801 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 15 May 2025 02:51 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40473 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
