Nafiah, Zumrotun (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (145kB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100102_fullpdf.pdf

| Download (5MB)

Abstract

Pada mata pelajaran matematika dibutuhkan model pembelajaran dan media
pembelajaran yang inovatif dan interandal untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan
aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan kemandirian
belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, desain pre-experimental dengan jenis one-group pre-test post-test
design. Populasi dan sampel yang digunakan di penelitian ini adalah kelas VI A SD
Islam Al-Fattah yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik tes dan teknik angket. Kemudian teknik analisis data
meliputi uji prasyarat (uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda dan tingkat
kesukaran) dan uji syarat (uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired
sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan
adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning
berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematika
kelas VI Sekolah Dasar dengan hasil uji paired sample t-test yaitu sig. (2-tailed) =
0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji paired sample t-test
kemandirian belajar menunjukkan hasil sig. (2-tailed) = 0,005 < 0,05 yang bisa
disimpulkan bahwa terbisa pengaruh tidak signifikan model pembelajaran problem
based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemandirian belajar siswa
kelas VI Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Wordwall, Berpikir Kritis
Matematika, Kemandirian Belajar

Dosen Pembimbing: KUSUMADEWI, RIDA FIRONIKA | nidn0604048701
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:54
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40470

Actions (login required)

View Item View Item