PUTRI, LAWINA SEPTIYANTO (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100069_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100069_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan yang berkualitas sangat bergantung pada pemilihan model
pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam
meningkatkan hsil belajar siswa kelas VI di SD Negeri Gebangsari 2. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, melibatkan pretest
dan posttest untuk mengukur hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model
TGT, rata-rata skor pretest siswa adalah 27.50 yang tergolong rendah. Setelsh
penerapan model TGT, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 66.25,
menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi. Uji paired
sample t-tes menghasilkan nilai signifikansi 0.012, yang menunjukkan perbedaan
signifikan antara pretest dan posttest. Selain itu, rata-rata N-Gain sebesar 0.65
mengindikasikan model TGT cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar
siswa. Penerapan model ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi
juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, di mana siswa aktif
berdiskusi dan saling membantu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi alternatif yang efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar, serta memberikan kontribusi
dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih relevan di dunia pendidikan
saat ini.
Kata Kunci: Model Kooperatif, TGT, dan Hasil belajar
Dosen Pembimbing: | JUPRIYANTO, JUPRIYANTO | nidn0607118801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |