Ambarwani, Laila (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS V SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100067_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100067_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan
berpikir kritis kelas V pada mata pelajaran IPAS. IPAS di sekolah dasar
diperlukan adanya sebuah inovasi baru yang bisa membuat kegiatan pembelajaran
menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu contoh model pembelajaran
yang dapat diterapkan dikelas adalah model pembelajaran problem based
learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis
ipas siswa kelas V Sd Islam Al Fattah. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental desaign dan
menggunakan teknik samplinng jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian
yaitu kelas V sebanyak 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA
sebanyak 15 siswa dan kelas VB sebanyak 15 siswa. Hasil pengujian hipotesis
menggunakan Uji Independen Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan
adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz
terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS siswa kelas V dibuktikan dengan hasil
nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 13,67 dan kelas kontrol yaitu 10,93.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Problem Based Learning
Dosen Pembimbing: | SARI, YUNITA | nidn0602068401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |