LAILA, CHILMA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOSA KATA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (148kB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100045_fullpdf.pdf

| Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi baca tulis
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Daleman yang
diterapkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
bantuan media papan kosa kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
PBL berbantuan media papan kosa kata dapat meningkatkan kemampuan literasi
baca tulis siswa. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 SD Negeri
Daleman belum sepenuhnya melaksanakan model pembelajaran Problem Based
Learning. Problem Based Learning bertujuan untuk membuat siswa lebih terlihat
lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, mampu memahami kosakata baru, serta
dapat menghubungkan pengetahuan yang dipelajari dengan masalah kehidupan
sehari-hari. Selain itu, penggunaan media papan kosa kata juga membantu siswa
dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis mereka.
Secara keseluruhan, model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan
keterampilan literasi baca tulis khususnya di kelas rendah seperti siswa kelas 1 SD
Negeri Daleman. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan
metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan
literasi di tingkat pendidikan dasar.
Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Pelajaran Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran
Problem Based Learning, Media Papan Kosa Kata

Dosen Pembimbing: ISMIYANTI, YULINA | nidn0614079001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:08
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item