Hakimun, Aurasti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (495kB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100043_fullpdf.pdf

| Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital seperti e-comic menjadi semakin penting pada
perkembangan zaman di era globalisasi saat ini, karena dapat meningkatkan
efektivitas literasi budaya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan
kemampuan literasi budaya, khususnya pada materi kebudayaan Indonesia.
Minimnya inovasi media pembelajaran mengakibatkan turunnya literasi pada
peserta didik salah satunya literasi budaya. Metode yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas III SDN Daleman. Penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa
menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”.
Hasil uji t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan
literasi budaya peserta didik, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 74 meningkat
menjadi 93,6 pada posttest setelah mengimplementasikan media e-comic.
Sedangkan pada hasil uji paired sample t test diperoleh sig (2-tailed) = 0,000<0,05
yang artinya terjadi perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran e-comic. Selain itu, uji gain menunjukkan nilai 75,0297 yang
menegaskan bahwa terinterpretasi tinggi dengan 0,70 ≤ g ≤ 1,00. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic sangat efektif, layak, dan praktis
untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya peserta didik yang berisikan
penjelaskan materi kebudayaan Indonesia mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan
Sosial) kelas III di SDN Daleman.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital, Ilmu Pengetahuan Sosial

Dosen Pembimbing: AFANDI, MUHAMAD | nidn0624078002
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:09
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40442

Actions (login required)

View Item View Item