Isrianti, Diana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100018_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (52kB)
[thumbnail of SKRIPSI DIANA ISRIANTI-FULL LENGKAP-1.pdf] Text
SKRIPSI DIANA ISRIANTI-FULL LENGKAP-1.pdf

| Download (4MB)

Abstract

Berbantuan Media Digital Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD, Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Islam Sultan Agung. Pembimbing : Dr. Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran
Project Based Learning berbantuan media digital interaktif terhadap kemampuan
berpikir kritis mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Islam Al Fattah. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian PreEksperimental
Design
jenis
One Group
Pretest-Posttest
Design.
Sampel
penelitian

ini
adalah
siswa
kelas
VB
SD
Islam
Al
Fattah
yang
berjumlah
15
siswa.
Teknik

pengumpulan
data
dilakukan
dengan
bentuk
tes
tipe
uraian
sebanyak
10
soal
yang

diberikan
pada
saat
pretest
dan
post-test.
Teknik
analisis
data
meliputi
instrumen

penelitian

yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat
kesukaran, selanjutnya uji normalitas dan dan uji hipotesis Paired Sample T-Test
untuk mengetahui perbandingan skor rata-rata pretest dan post-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan
media digital interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal
ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pada saat pretest sebesar 44,07 dan
pada saat post-test sebesar 86,33. Pada hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh
nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning
berbantuan media digital interaktif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
kritis mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Islam Al Fattah.
Kata Kunci : Project Based Learning, Media Digital Interaktif, Berpikir Kritis

Dosen Pembimbing: ISMIYANTI, YULINA | nidn0614079001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:33
Last Modified: 08 May 2025 03:33
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40435

Actions (login required)

View Item View Item