Nurhalisah, Siti (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DIFABEL BERBANTUAN ALAT PERAGA UANG ASLI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100036_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (32kB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100036_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100036_fullpdf.pdf

| Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh
setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks pendidikan, anak
berkebutuhan khusus merujuk pada anak yang memiliki kebutuhan unik yang salah
satunya juga mempengaruhi cara belajar mereka. Banyak siswa difabel yang kurang
terfasilitasi dalam belajarnya, terutama dalam pengadaan alat peraga. Penelitian ini
bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan alat peraga uang asli dengan
pendekatan realistic mathematics educations dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa difabel di SLB. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi partisipatif, wawancara, analisis dokumen, dan instrumen tes.
Analisis data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji dependability, dan uji
konfirmabilitas. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas atas (dewasa) dengan
rentang usia 14-24 tahun di SLB Mutiara Bangsa, Kendal yang terdiri dari tiga
kategori difabel yaitu difabel grahita, difabel rungu, dan downsyndrome. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan uang asli sebagai alat peraga
matematika dalam materi jual beli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa difabel, yang ditinjau dari hasil tes dan wawancara siswa.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa alat peraga uang asli ini sangat efektif dan
efisien terbukti dari respon siswa. Dengan ini, penggunaan uang asli sebagai alat
peraga bisa dijadikan acuan alat peraga di sekolah-sekolah yang memfasilitasi
siswa berkebutuhan khusus.
Kata kunci: Alat Peraga Uang, Pemecahan Masalah Matematis, Siswa Difabel

Dosen Pembimbing: KUSMARYONO, IMAM | nidn0626037003
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 03:35
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40434

Actions (login required)

View Item View Item