Shabila, Anggun Ananta (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LOK-R BERBASIS E-MODUL TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100021_fullpdf.pdf |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika
peserta didik kelas 8 SMP menggunakan model pembelajaran LOK-R berbasis EModul
pada
materi
SPLDV,
literasi
matematika
kategori
tinggi,
sedang,
dan
rendah
setelah
diterapkan model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul, serta dapat
mengetahui guru peserta didik berkategori tinggi, sedang, dan rendah setelah
pengaplikasian model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul pada materi SPLDV
SMP kelas 8. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif karena tujuan dari penelitian berfokus pada fase deskripsi. Subjek yang
peneliti gunakan adalah peserta didik kelas 8 SMP. Pengambilan subjek
menggunakan cara Purposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data
tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran menggunakan
model pembelajaran LOK-R berbasis E-Modul, nampak literasi matematika peserta
didik berkategori tinggi setelah pembelajaran dengan model pembelajaran LOK-R
berbasis E-Modul yaitu peserta didik telah memenuhi 3 indikator literasi
matematika, peserta didik berkategori sedang memenuhi 2 dari 3 indikator literasi
matematika, dan peserta didik berkategori rendah memenuhi 1 dari 3 indikator
literasi matematika. Guru dan peserta didik memberikan pandangan positif
mengenai model pembelajaran LOK-R yang menarik dan membangkitkan minat
siswa untuk belajar, serta ada kesesuaian dengan peserta didik era sekarang yang
sudah terbiasa menggunakan gadget.
Kata kunci: LOK-R, E-Modul, Literasi Matematika, SPLDV
Dosen Pembimbing: | UBAIDAH, NILA | nidn0612058403 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |