Meilani, Puput (2025) ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATION BENGKEL SINAR BARITO (SITO) MAJAPAHIT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SPARE PART DAN PERAWATAN SERVICE MOBIL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100079_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (109kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100079_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100079_fullpdf.pdf

| Download (3MB)

Abstract

Di era digital saat ini, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama dalam
persaingan bisnis, salah satunya di dalam industri otomotif. Bengkel Sinar Barito
(SITO) sebagai salah satu bengkel mobil di Semarang menghadapi tantangan dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan produk spare part
dan layanan perawatan service mobil di tengah persaingan yang semakin ketat. Untuk
menghadapi tantangan tersebut, perusahaan menggunakan strategi Cyber Public
Relation untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran
merek melalui media digital, dan meningkatkan penjualan produk spare part dan
perawatan service mobil.Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui strategi
Cyber Public Relation Bengkel Sinar Barito (SITO) Cabang Majapahit dalam
meningkatkan penjualan produk spare part dan perawatan service mobil. Metode
penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma
kontruktivisme. Jenis data yang digunakan yaitu data primer menggunakan metode
wawancara secara mendalam dengan 2 informan yaitu social media spesialist dan
service advisor, data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan skripsi yang
terkait di internet. Penelitian menggunakan teori Three Ways Strategy dan Excellence
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cyber Public Relation yang
diterapkan Bengkel Sinar Barito melibatkan berbagai platform digital seperti
Instagram, TikTok, WhatsApp, Website, dan Google review . Bengkel Sinar Barito
memanfaatkan media sosial Instagram dan Tiktok untuk menciptakan konten edukasi,
konten teknis mekanik, dan konten entertain untuk menarik perhatian pelanggan.
Sinar Barito selalu menerapkan komunikasi cepat dan personal menggunakan
WhatsApp melalui kegiatan follow up, reminder service, after sales, dan promosi
menggunakan fitur WhatsApp blast, selanjutnya media Website sebagai media
layanan untuk booking online , Kemudian untuk mengelola review positif dan negatif
pelanggan Sinar Barito menggunakan google review. Maka dari itu, penelitian ini
diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri otomotif dalam
mengoptimalkan strategi Cyber Public Relation untuk meningkatkan persaingan di
era digital.
Kata kunci : Strategi Cyber Public Relation,Penjualan,Bengkel Mobil Modern

Dosen Pembimbing: MULYADI, URIP | nidn'0608109001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:19
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40399

Actions (login required)

View Item View Item