Istifara, Lutfiana Diah (2025) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TIKTOK KOPI ABC VERSI IQBAAL RAMADHAN X ECA AURA “SAAT AKU BUTUH KOPI YA KOPI ABC” DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS TIKTOK @kopiabc.id. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100051_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100051_fullpdf.pdf |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam
strategi pemasaran, termasuk dalam industri kopi instan. Menghadapi persaingan
ketat di industri ini mendorong PT Santos Jaya Abadi berinovasi dalam
mempromosikan produknya melalui iklan di platform media sosial TikTok. Pada
tanggal 25 September 2024, Kopi ABC meluncurkan iklan versi terbaru "Saat Aku
Butuh Kopi Ya Kopi ABC" yang berhasil memperoleh jumlah viewers mencapai
34,9 juta di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas
iklan Tiktok Kopi ABC versi Iqbaal Ramadhan X Eca Aura “Saat Aku Butuh Kopi
Ya Kopi ABC” dengan pendekatan EPIC Model berpengaruh terhadap minat beli
followers TikTok @kopiabc.id. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah EPIC Model dari AC Nielsen yang mengukur efektivitas iklan
berdasarkan empat dimensi utama, yaitu Empathy, Persuasion, Impact, dan
Communication. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers akun TikTok
@kopiabc.id yang terpapar iklan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan TikTok Kopi ABC terbukti
efektif berpengaruh terhadap minat beli followers. Masing-masing dimensi dalam
EPIC Model memperoleh skor sebagai berikut: Empathy sebesar 4,25, Persuasion
4,23, Impact 4,03, dan Communication 4,09, dengan rata – rata skor keseluruhan
sebesar 4,15 yang masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis,
keempat dimensi tersebut berpengaruh terhadap minat beli secara simultan.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang lebih inovatif, khususnya dalam
meningkatkan dimensi Impact agar memperoleh efektivitas yang lebih optimal.
Kata Kunci : Efektivitas, Empathy, Persuasion, Impact, Communication
Dosen Pembimbing: | MULYADI, URIP | nidn0608109001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |