Afinia, Khilda (2025) STRATEGI PROMOSI JASA PENGIRIMAN “JASTIP KAPTENKO” DI ERA DIGITAL MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LAYANAN SEJENIS DI KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100047_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100047_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi promosi Jastip
Kaptenko di era digital marketing. Permasalahan ini terkait bagaimana strategi
promosi yang digunakan oleh Jastip Kaptenko dalam menghadapi persaingan
dengan jasa sejenis di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teori
Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini menggunakan konsep
Promotional Mix yang mencakup perencanaan strategis dan pelaksanaan konsep
produk, strategi penetapan harga, upaya promosi, dan metode distribusi yang
bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan
organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami strategi promosi yang
diterapkan, seperti advertising, sales promotion, dan direct marketing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Promotional Mix yang
diterapkan Jastip Kaptenko dinilai dapat memanfaatkan beberapa hal terkait
penggunaan iklan digital, promosi penjualan melalui voucher, dan pendekatan
personal selling memiliki pengaruh signifikan dalam menarik perhatian
pelanggan. Maka dari itu, Jastip Kaptenko perlu merancang strategi promosi yang
lebih inovatif dan berkelanjutan, seperti program loyalitas atau kemitraan dengan
influencer lokal memanfaatkan platform digital, terutama media sosial, untuk
meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan. Penerapan ELM dalam
Strategi Promosi Jastip Kaptenko melalui rute central. Pelanggan akan lebih
cenderung memproses data secara menyeluruh jika mereka memiliki motivasi
atau keinginan tinggi, seperti kebutuhan kuat untuk layanan pengiriman.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara digital marketing dan
layanan pelanggan yang responsif memberikan keunggulan kompetitif bagi Jastip
Kaptenko di pasar yang di persaingan usaha sejenis. Penelitian ini memberikan
sumbangan signifikan terhadap kemajuan ilmu komunikasi, terkhusus dalam area
strategi pemasaran digital dan campuran promosi dalam konteks layanan
pengiriman berbasis digital. Diharapkan untuk Jastip Kaptenko bisa
mengembangkan layanan dengan mengembangkan system pelacakan, Kerjasama
strategis dan peningkatan feedback pelanggan.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Bauran Promosi, Digital Marketing, Jasa
Pengiriman, Persaingan Bisnis
Dosen Pembimbing: | ADNJANI, MADE DWI | nidn0621067101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |