Nurrengganis, Amelia Berliana (2025) HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @KDRAMANEWS.ID TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DAN KEPUTUSAN MENONTON DRAMA KOREA PADA FOLLOWERS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100018_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100018_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Hubungan Intensitas Mengakses Akun Instagram @kdramanews.id
Terhadap Kepuasan Informasi dan Keputusan Menonton Drama Korea
Pada Followers
Amelia Berliana Nurrengganis
32802100018
Penelitian ini berangkat dari pesatnya kemajuan teknologi dan internet,
yang berkontribusi pada munculnya media sosial sebagai sarana pertukaran
informasi secara cepat. Instagram, sebagai salah satu platform yang banyak
digunakan, memungkinkan penyebaran konten secara luas. Akun @kdramanews.id
hadir sebagai sumber informasi mengenai drama Korea, yang popularitasnya telah
merambah ke berbagai negara. Tingginya minat terhadap drama Korea
menjadikannya sebagai medium potensial dalam memperkenalkan serta
mempromosikan budaya dan keberagaman Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis hubungan antara intensitas mengakses akun Instagram
@kdramanews.id dengan kepuasan informasi yang diperoleh followers, serta
pengaruhnya terhadap keputusan menonton drama Korea. Mengacu pada Teori SO-R,
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma
positivis dan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diisi
oleh 100 responden, yang merupakan followers akun @kdramanews.id, dengan
teknik purposive sampling.
Hasil analisis menggunakan uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan
adanya hubungan positif dan signifikan pada intensitas mengakses akun Instagram
@kdramanews.id (X) terhadap kepuasan informasi pada followers (Y1) dengan
nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,427, yang termasuk dalam
kategori hubungan sedang (moderate correlation). Selain itu, ditemukan hubungan
signifikan pada intensitas mengakses akun Instagram @kdramanews.id (X)
terhadap keputusan menonton drama Korea pada followers (Y2) yang mempunyai
nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,448, yang juga menunjukkan
hubungan sedang. Dengan demikian, dapat diartikan ketika intensitas mengakses
akun Instagram @kdramanews.id (X) meningkat, kepuasan informasi (Y1) dan
keputusan menonton drama Korea (Y2) juga meningkat. Penelitian ini memiliki
keterbatasan pada responden yang terbatas, sehingga hasilnya belum dapat
digeneralisasikan secara luas. Oleh karena itu, penelitian berikutnya diberikan saran
dalam memperluas jumlah sampel serta mempertimbangkan faktor lain yang bisa
memberikan dampak kepuasan informasi dan keputusan menonton drama Korea,
misalnya keterlibatan audiens atau jenis konten yang disajikan.
Kata Kunci : Intensitas Mengakses, Kepuasan Informasi, Instagram, Keputusan
Menonton, Media Baru
Dosen Pembimbing: | KURDANINGSIH, DIAN MARHAENI | nidn0515067001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |