CAHYANI, ADHISA RIZKY (2025) MANAJEMEN KRISIS HUMAS POLDA JAWA TENGAH DALAM PENGELOLAAN ISU CALO PENERIMAAN BINTARA POLRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100013_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100013_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100013_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya isu calo dalam penerimaan Bintara
Polri yang mengancam reputasi Polda Jawa Tengah dan kepercayaan masyarakat
terhadap institusi hukum. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk
menganalisis strategi manajemen krisis Humas Polda Jawa Tengah dalam
pengelolaan isu calo tersebut. Adapun permasalahannya adalah bagaimana
manajemen krisis yang dilakukan Humas Polda Jawa Tengah dalam menangani
isu calo penerimaan Bintara Polri. Penelitian ini meggunakan penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif dan menggunakan paradigma kontruktivisme. Teori yang
menjadi landasan penelitian ini adalah Teori Manajemen krisis yang merujuk pada
definisi Coombs & Holladay dan Teori Perbaikan Citra yang merujuk pada
definisi William I. Benoit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen krisis Humas Polda Jawa
Tengah efektif dalam menangkal isu calo dan memulihkan citra institusi melalui
Pre-crisis, Crisis, Pasca Crisis, Denial, Evasion of Responsibility, Reducing the
Offensiveness, Corrective Action dan Mortification. Adapun keterbatasan dalam
penelitian ini adalah keterbatasan waktu menjadi faktor penting dalam penelitian
ini, membatasi kemampuan peneliti untuk melakukan observasi mendalam, yang
dapat mempengaruhi kualitas data dan analisis, sehingga hasil penelitian mungkin
tidak sepenuhnya representatif. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk
dilakukan secara lebih komprehensif dengan melibatkan berbagai wilayah serta
menggunakan metode kuantitatif untuk menghasilkan data yang lebih
representatif. Selain itu, analisis jangka panjang terhadap dampak strategi
manajemen krisis juga diperlukan guna memperkaya wawasan dan
mengoptimalkan efektivitas penanganan isu serupa di masa mendatang.

Kata Kunci : Manajemen Krisis, Humas Polda Jawa Tengah, Isu Calo,
Penerimaan Bintara Polri

Dosen Pembimbing: KURDANINGSIH, DIAN MARHAENI | nidn0515067001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:21
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40364

Actions (login required)

View Item View Item