FITRIANI, ADELARITA NOVIA (2025) PENGARUH BRAND AMBASSADOR SHENINA CINNAMON DAN BRAND AWARENESS BARENBLISS TERHADAP PEMBELIAN PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @BARENBLISS_ID. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100011_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (333kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100011_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100011_fullpdf.pdf

| Download (7MB)

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia semakin kompetitif, dengan banyak brand
lokal yang memilih Brand Ambassador dari Korea untuk menarik minat konsumen.
Namun, Barenbliss mengambil pendekatan berbeda dengan menggunakan Brand
Ambassador lokal, yaitu Shenina Cinnamon, yang lebih merepresentasikan karakter
wanita Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand
Ambassador dan Brand Awareness Barenbliss terhadap Pembelian konsumen pada
followers Instagram @barenbliss_id dengan pendekatan teori AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner pada 100 responden
dan teknik probability sampling. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear
berganda melalui aplikasi IBM SPSS untuk menguji data statistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas seluruh item
kuesioner dinyatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel (0,195), dan seluruh item
dinyatakan reliabel dengan rhitung > rtabel (0,600). Hasil uji analisis Regresi Linear
Berganda menunjukkan bahwa Brand Ambassador (X1) memiliki pengaruh
signifikan terhadap Pembelian (Y), dengan nilai signifikan dibawah 0,000 < 0,05.
Dan terdapat pengaruh signifikan Brand Awareness Barenbliss (X2) terhadap
Pembelian (Y), dengan nilai siginifikan 0,000 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa peran Brand Ambassador Shenina Cinnamon dan penguatan Brand
Awareness Barenbliss merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan
Pembelian konsumen terhadap produk kosmetik Barenbliss. Keterbatasan pada
penelitian ini terletak pada cakupan responden yang masih terbatas, diharapkan
penelitian selanjutnya dapat melibatkan sampel yang lebih beragam agar hasilnya
lebih komprehensif secara lebih luas.

Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Awareness, Pembelian, Barenbliss

Dosen Pembimbing: KURDANINGSIH, DIAN MARHAENI | nidn0515067001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40362

Actions (login required)

View Item View Item