Chalim, Ato'il (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KOMUNITAS MTG BONSAI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN BONSAI DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801900022_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801900022_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801900022_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (75kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara masyarakat
berkomunikasi dan berbisnis, dengan media sosial menjadi instrumen strategis dalam
aktivitas pemasaran. Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran terpadu
yang dilakukan oleh komunitas petani bonsai MTG Bonsai di Semarang melalui
media sosial untuk meningkatkan nilai jual bonsai lokal. Menggunakan pendekatan
kualitatif dengan paradigma konstruktivisme sosial, penelitian menggali bagaimana
komunitas memanfaatkan platform digital seperti Instagram, Facebook, YouTube,
dan TikTok untuk memperkenalkan, memasarkan, dan mengedukasi masyarakat
tentang bonsai.Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi
pemasaran terpadu mencakup storytelling yang mengedepankan nilai historis dan
kultural bonsai, diversifikasi konten sesuai karakteristik platform, kolaborasi dengan
influencer, dan integrasi teknologi canggih seperti AR/VR. Pendekatan ini berhasil
mengatasi tantangan pemasaran produk tradisional di era digital, seperti persepsi
bonsai sebagai hobi kuno dan keterbatasan representasi visual. Penelitian
menyimpulkan bahwa media sosial dapat menjadi jembatan yang menghubungkan
warisan budaya tradisional dengan pasar modern, membuka peluang baru bagi
komunitas petani bonsai dalam mengembangkan bisnis dan melestarikan nilai
ekonomi produk budaya lokal.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Media Sosial, Bonsai Lokal, Strategi
Digital, Pemasaran Online

Dosen Pembimbing: MULYADI, URIP | nidn0608109001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40325

Actions (login required)

View Item View Item