AFIFAH, SIH NUR (2025) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SELF DIRECTED LEARNING READINESS DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100225_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100225_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100225_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100225_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (46kB)

Abstract

Latar Belakang: Konsep Self Directed Learning Readiness mendorong
mahasiswa untuk berinisiatif dalam merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi proses belajar mereka sendiri, dapat digunakan sebagai alat untuk
menilai keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran di lingkungan
belajar mereka. Mahasiswa dengan SDLR yang tinggi maka memiliki nilai IPK
yang tinggi karena memiliki keinginan yang kuat untuk belajar. Minat belajar
yang rendah akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah pula, sebaliknya
minat belajar yang tinggi cenderung menghasilkan prestasi belajar yang tinggi.
Prestasi belajar mahasiswa memiliki dampak yang signifikan terhadap Self
Directed Learning Readiness. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan
antara tingkat self directed learning readiness dengan IPK pada mahasiswa
keperawatan unissula.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross
sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 122 orang. Pengumpulan
data menggunakan Kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS)
dikembangkan oleh Dr Lucy M. Guglielmino pada tahun 1977. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data
dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearmen rank.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat SDLR dalam kategori tinggi
62 responden (50,8%). IPK tertinggi mahasiswa dalam kategori memuaskan
dengan 60 responden (49,2%). Temuan uji statistik menunjukkan nilai p-value
sebesar 0.000 (<0.05), yang mengindikasikan adanya hubungan antara Self
Directed Learning Readiness dengan Indeks Prestasi Kumulatif.
Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna Self Directed Learning Readiness
dengan Indeks Prestasi Kumulatif dengan p-value 0.000 dan keeratan hubungan
yang kuat (0.435).

Kata kunci : Self Directed Learning Readiness, Indeks Prestasi Kumulatif,
Mahasiswa Keperawatan

Dosen Pembimbing: ISSROVIATININGRUM, RETNO | nidn0604038901
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:39
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39953

Actions (login required)

View Item View Item