Amalina, Shabrina Cahya (2025) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ISPA PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30902100216_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30902100216_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Latar Belakang: Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu
masalah kesehatan utama yang sering dialami oleh anak-anak di seluruh dunia,
termasuk di Indonesia. Anak-anak di sekolah dasar rentan terhadap ISPA karena
sistem kekebalan tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan, serta lingkungan
sekolah yang dapat menjadi tempat penularan ISPA. Penting bagi anak-anak untuk
memiliki pengetahuan yang memadai tentang ISPA. Pentingnya metode dalam
pembelajaran menjadi salah satu teknik agar anak anak tertarik dalam memahami
pengetahuan tentang ISPA seperti halnya pembelajaran menggunakan sarana video
animasi yang membuat anak tidak mudah bosan dan dapat dengan mudah
mencernanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video
animasi terhadap pengetahuan tentang ISPA pada anak sekolah dasar di wilayah
Semarang.
Metode: Jenis penelitian bersifat kuantitatif dan menggunakan metode
quasi-experimental dengan pendekatan non equivalen control grup design.
Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Besar sampel untuk kelompok
intervensi 19 orang dan 19 kelompok kontrol dengan Teknik Purposive Sampling.
Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji data
berpasangan Wilcoxon dan uji data tidak perbasangan Mann-Whitney.
Hasil: Berdasarkan hasil Analisa uji wilcoxon pada kelompok intervensi
didapatkan hasil p = 0,000 < 0,05. Artinya ada perbedaan antara hasil pengetahuan
tentang ISPA pada anak untuk pre test dan post test. Uji wilcoxon pada kelompok
kontrol didapatkan hasil p = 0.000 < 0,05. Artinya ada perbedaan antara hasil
pengetahuan tentang ISPA pada anak untuk pre test dan post test. Uji Mann
Whitney pada kelompok intervensi dan kontrol didapatkan hasil p = 0,000 < 0,05.
Artinya diterima atau terdapat perbedaan antara hasil dari kelompok intervensi
dengan kelompok kontrol.
Simpulan: Pemberian edukasi pembelajaran menggunakan video animasi lebih
baik dalam meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan pemberian power
point.
Kata kunci
: Anak Sekolah Dasar, ISPA,Pengetahuan, Video Animasi
Dosen Pembimbing: | ASTUTI, INDRA TRI | nidn0618097805 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |