Khairunnisa, Hana Kamiliya (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100096_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100096_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100096_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100096_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (70kB)

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan anak dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan
orang tua. Pola asuh yang buruk jika tidak diatasi akan menimbulkan banyak
dampak, salah satunya berdampak kepada kemandirian anak. Maka dari itu pola
asuh yang buruk harus dibenahi agar tidak mempengaruhi kemandirian anak serta
perkembangan sosial anak tersebut.
Metode: Jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampek
yang digunakan adalah seluruh murid atau siswa siswi KB Kamboja. Teknik yang
digunakan adalah Total Sampling dengan jumlah responden 100. Uji korelasi yang
digunakan pada penelitian ini adalah uji Gamma.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai signifikanasi 0,000 (p<0,05) yang artinya
hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak adalah
bermakna. Nilai Corelation coefficient sebesar 0,868 menunjukkan bahwa kekuatan
korelasi kuat dan positif yang berarti semakin semakin baik pola asuh maka
semakin baik pula tingkat kemandirian anak.
Simpulan: Terdapat keeratan hubungan antara pola asuh orang tua yang bekerja
dengan tingkat kemandirian anak pada KB Kamboja (p value 0,000).
Kata Kunci: anak usia pra sekolah, pola asuh, kemandirian anak

Dosen Pembimbing: FEBRIANA, BETIE | nidn0623028802
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39362

Actions (login required)

View Item View Item